TURIN (dp) — BMW mengatakan sedang mengembangkan keluarga baru modular mesin bensin dan diesel–termasuk mesin 3-silinder. BMW berharap mampu memproduksi mesin-mesin tersebut sebanyak 1,5 juta unit per tahun. Demikian CEO BMW Norbert Reithofer mengatakan kepada media. “(Mesin itu) sebuah skala yang belum pernah kita miliki di BMW sebelumnya,” kata Reithofer.

Rencananya, mesin 3-silinder, 4-silinder, dan 6-silinder itu akan diprioritaskan untuk unit-unit mobil BMW terbaru berpenggerak roda depan. Namun tidak menutup kemungkinan jantung mekanis itu juga akan mengisi pada unit-unit mobil BMW berpenggerak roda belakang.

Meski begitu, Reithofer tidak menjelaskan kapan rencana pencapaian produksi 1,5 juta unit per tahun mesin itu akan dilakukan. Perusahaan ini sebelumnya hanya mengatakan akan menjual 2 juta unit mobil BMW, Mini dan Rolls-Royce pada 2020.

Pada 2009 BMW Group menjual 1.286.310 unit mobil, di mana penjualan mobil kecil dan kompak mencapai sekitar 400.000 unit.

Sementara itu, pada pekan lalu BMW juga mengungkapkan rencananya untuk mulai menggunakan arsitektur mobil berpenggerak roda depan. Menurut Reithofer, mobil mobil-mobil berpenggerak roda depan BMW Group akan mencapai 700 ribu hingga 1 juta unit mulai 2014 atau 2015.

Pada tahap awal (2014), mobil yang akan mengusung konsep gerak roda depan adalah Mini generasi ketiga. Sementara, mobil kompak terbaru BMW Seri 1 berpenggerak roda depan akan menyusul setelah itu, kendati model Seri 1 gerak roda belakang yang dijual sekarang tetap dipertahankan.

Reithofer menambahkan BMW akan menawarkan lebih dari satu model penggerak roda depan, meski menolah memberikan data lebih rinci. “Winterkorn juga tahu rencana itu,” kata Reithofer seraya menyebut CEO Volkswagen AG Martin Winterkorn. [dp] forwot.wordpress.com

0 komentar