Musim hujan begini, saat berkendara (mobil), visibilitas ke segala arah sangat penting. Makanya, semua potensi halangan pandangan harus disingkirkan, termasuk embun yang muncul di spion akibat perbedaan suhu dan tingkat kelembaban yang tinggi.

Misalnya, uap air yang terbentuk di sekitar kaca dengan embient temperature yang lebih panas. Pada spion samping, hal itu bisa terjadi akibat penumpukan jamur di permukaan kaca.

Kondisi lain, masalah itu muncul kala mobil melesat di jalan tol waktu hujan. Sebab, suhu kaca dan di balik kaca menjadi lebih dingin dari temperatur di luar. Udara panas dari kap mesin tak cukup untuk mengusir embun. Menggunakan defogger merupakan solusi paling ideal. Namun, tidak semua mobil dilengkapi perangkat ini.

Solusi lain, ada cara sederhana, yaitu dengan mengaplikasikan cairan atau semprotan antikabut (antifog). Berikut langkah-langkah pengerjaannya.
  1. Semprotkan cairan antifog pada permukaan kaca.
  2. Diamkan beberapa saat untuk memberi formula cairan bekerja.
  3. Kemudian seka pakai kain dengan gerakan tangan searah, bukan bolak-balik. Metode ini lebih ampuh dan cepat membersihkan residu cairan antifog.
  4. Untuk menyempurnakan hasil, gosok sekali lagi dengan lap lain yang lebih bersih. Selain lebih bening, kaca pun akan terlindung dari embun.

0 komentar