Berita rencana Daihatsu memperkenalkan dan memproduksi mobil irit, dengan konsumsi bahan bakar 30 km per liter, terkuak sudah. Ternyata, sesuai dengan rilis dari perusahaan tersebut, mobil mini tersebut akan dipajang di Tokyo Motor Show (TMS) 2009, yang akan diselenggarakan akhir bulan ini. Namanya cukup unik, e:S, yang merupakan singkatan dari eco & smart.

Kelebihan mobil ini, masih mengandalkan mesin konvensional alias motor bakar atau mesin bensin. Kendati demikian, Daihatsu belum memberi informasi detail mengenai kapasitas mesin dan teknologi lain yang digunakan.

Hanya dijelaskan, mobil mini ini menggunakan mesin konvensional dengan kontrol pembakaran yang dikembangkan oleh Daihatsu, yaitu Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Idling Stop System. Fitur terakhir membuat mesin akan mati secara otomatis bila mobil berhenti, dan langsung hidup bila pedal gas diinjak.

Ciri khas lainnya, jarak sumbu roda Si Mini ini hanya 2.175 mm, tetapi bisa memuat 4 penumpang dewasa. Jadi, bodinya sangat kompak. Tempat duduknya lebih ramping dan ringan karena menggunakan material yang lebih ringan. Berat maksimum pun dibatasi pada 700 kg.

Konsumsi bahan bakar 30 km per liter diperoleh berdasarkan tes yang dilakukan oleh Daihatsu di Jepang. Daihatsu menilai kinerja tersebut sebagai sebuah reputasi hebat karena e:S tidak menggunakan motor listrik dan sistem lainnya.

Dengan itu pula pula, harganya lebih terjangkau. Informasi lainnya, Daihatsu berencana menjual e:S dengan harga 1 juta yen atau Rp 110 juta. Berarti, Si Mini sangat bersahabat dengan kantong. Hal ini menjadi sangat penting mengingat lalu lintas dalam kota makin macet.

Selain e:S, Daihatsu akan memamerkan pula Tanto Exe dan Tanto Exe Custom, Deca-Deca, mobil superbox yang rendah dengan lantai rata. Terakhir adalah Basket, mobil empat penumpang dengan atap yang bisa dibuka.

0 komentar