INILAH.COM, Jakarta � Pameran mobil klasik Otoblitz 2nd International Classic&Sports Car Show (OICCS) resmi dibuka Rabu (21/8) di Balai Kartini, Jakarta.

"Inilah wujud kerja keras kami selama bertahun-tahun membawa warisan mobil klasik Indonesia untuk go international. OICCS ini juga kami selenggarakan untuk semua penggemar mobil klasik tanpa terkecuali," ujar penggagas OICCS Asman Osman.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Djuliari Batubara menyambut baik pameran mobil klasik ini karena mobil klasik mempunyai andil dalam sejarah bangsa. "Saya harap pameran OICCS ini dapat mendidik generasi muda sekarang agar lebih mengerti bahwa pelaku sejarah bukan saja manusia, tapi juga kendaraan seperti mobil dan motor. Saat ini sejarah semakin sering dilupakan jadi komunitas mobil klasik harus berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada generasi muda," katanya.

OICCS yang kedua ini mengambil tema Classics For The Next Generation yang berarti bahwa mobil-mobil klasik yang ditampilkan saat ini dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pameran kali ini menampilkan 200 unit mobil klasik dan 50 sepeda motor klasik dari hampir 1.000 peserta yang mendaftarkan diri. Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia, IMI, dan beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) dirangkul dan dijadikan strategic partner pada OICCS kali ini.

Tahun lalu OICCS menampilkan 170 mobil klasik collector item dari 400 mobil yang terdaftar.

OICCS kali ini dibagi menjadi tiga area, yaitu Green Carpet Area, Oto Event, dan Open Air Basement.

Di Green Carpet Area yang merupakan International Classic Lounge tampil mobil-mobil klasik Stars Of The Sow, yaitu Chevrolet Corvette Cabriolet yang dimiliki oleh kolektor asal Thailand, Rolls Royce Limousine yang dimiliki kolektor asal Malaysia, serta duet Mercedes Benz 600 Pullman dan Jaguar XK 120 yang mewakili Indonesia.

Di Oto Event yang menampilkan mobil-mobil klasik produsen otomotif di Indonesia memamerkan mobil-mobil BMW Indonesia, Ford Motor Indonesia, Mercedes Benz Indonesia, General Motors Autoworld Indonesia, Volkswagen Indonesia hingga Toyota Astra Motor.

Sementara itu, di Open Air Basement pengunjung dimanjakan dengan Classic Car Club Display (tempat mangkal klub-klub mobil klasik di Indonesia), Battle's of 80's Young Timer, Deals On Wheels, Swap & Meets, hingga Club Merchandise Distro.

OICCS yang berlansung 21-24 Agustus 2008 ini juga mengadakan berbagai macam kegiatan, seperti kompetisi dan hiburan bagi pengunjung.

Kompetisi tersebut antara lain, Top Ten Otoblitz Classic Cars (mobil-mobil klasik pilihan tim juri OICCS), Top Five Muscle Cars (lima mobil muscle terbaik pilihan juri OICCS), The Best Classic Blingz (mobil klasik dengan konsep make over bling-bling yang paling memukau), The Battle of 80's Young Timer (ajang mobil-mobil klasik era 80an untuk saling bertarung menjadi yang terbaik), serta Classic car Club Display (tempat bermain bagi para klub fanatik mobil klasik).

Selain itu OICCS juga menggelar Classic Car Workshop (tempat pengunjung menimba ilmu tentang mobil klasik langsung dari pakarnya), Deals On Wheels (ajang for sale mobil-mobil klasik), Swap&Meets (junkyard bagi para pemburu spare part langka), dan All About Entertaniment (mulai dari games berhadiah khusus, bilyar, classic fashion, hingga food&beverage favorit).

0 komentar